Menua

Gambar diambil dari Twitter

Ketika masih kecil, masih tidur bareng orang tua, ada masanya saya akan menangis setiap mau tidur karena takut bapak ibu saya akan menua. Saya takut kalau suatu saat orang tua saya meninggal. Di lain hari saya berencana untuk menjadi monk, agar tidak dipusingkan dengan urusan duniawi dan bisa fokus untuk beribadah saja sehingga bisa masuk surga.

Bertahun kemudian, kehidupan berjalan seiring dengan bertambahnya uban setiap kali saya melihat bapak ibu, sepaket dengan kerutan di kulitnya. Long story short, pertengahan 2020 ketika ramadhan ibu meninggal, pembuluh darahnya ada yang pecah. Di tengah masa PPKM yang sangat ketat, vaksin Covid19 belum ada, pulang ke rumah orang tua tidak mudah karna jalan ditutup di mana-mana.

Saya masih memproses kehilangan itu hingga sekarang. Menjadi titik awal saya memutuskan hal-hal besar dalam milestone kehidupan yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya.

Hidup yang saya jalani saat itu wasn’t kind of life that I aspire to have. Tinggal jauh dari suami, dari orang tua, rungsing dengan kerjaan, meskipun secara materi (untuk ukuran saya) berkecukupan. I can’t have it all. I know.

Ditambah dengan personal issue, yang membuat saya tidak nyaman dengan diri sendiri. Rasa iri hati ketika melihat kehidupan orang lain yang tampak lebih mapan, emosi yang tidak stabil, sulit menghargai perbedaan, membandingkan pencapaian, kepala yang berisik dan seterusnya, sangat menjadi penghalang untuk menjalani kehidupan adem ayem yang fokus ke diri sendiri yang saya inginkan.

Dengan bertambahnya usia di bulan ini, masih banyak hal yang perlu saya perbaiki. Namun demikian, saya berdoa agar saat ini saya ada di jalur yang benar, membangun dan menjalani kehidupan yang saya impikan.

Dengan pandemi dan perang, dan entah apalagi yang ada di depan, saya ingin makin nyaman dengan diri sendiri, berada dan hadir di tengah orang-orang yang saya sayang. Dengan berharap terus agar Allah selalu menuntun dan membuka jalan.

4 pemikiran pada “Menua

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s