Tips Ber-Commuter Line

Berdasarkan pengalaman saya yang menjadi Roker (Rombongan Kereta) selama satu tahun belakangan, berikut ini ada beberapa tips yang (mungkin) berguna bagi para Roker baik yang masih belia ataupun yang sudah fasih dalam per-Commuter Line-an. Yang perlu digaris bawahi di sini, saya bukan juru kampanye dari PT KAI (sejauh ini).

Pertama: Pastikan membawa kartu Commet jika memang sudah memutuskan akan berhubungan intens dengan CL. Sebenarnya banyak manfaat jika menggunakan kartu prabayar ini, salah satunya adalah ga perlu setiap hari antri di loket. Kebanyakan hubungan para Roker dengan CL sejauh ini sih “benci-tapi-butuh” gitu deh..

Kedua: Upayakan tubuh dalam keadaan sehat, butuh perjuangan berat ketika masuk ke kereta di jam padat. Apalagi jika berada di gerbong wanita, sense of survival kami ternyata luar biasa :p

Ketiga: Pastikan sudah memakai deodoran, kita juga bertanggung jawab atas keselamatan kenyamanan penumpang lain dan itung-itung membantu pemerintah dalam meminimalkan tingkat polusi udara. Hal ini mungkin sepele, tapi kebayang ga pas CL padat, cape pulang kerja, berdiri DI BAWAH KETIAK ORANG yang beraroma kurang sedap? Nah, jangan menjadi sumber kekurangsedapan itu🙂

Keempat: Sebisanya bawa satu tas saja. Selain CL itu lebih sering penuh daripada enggaknya, kerempongan akan menyusahkan kita sendiri di samping kemungkinan lupa kalau menaruh barang bawaan pada rak di atas kepala (apa sih sebutannya? Kalo nulisin kabin kok kasian pesawat disamain dengan benda-prasejarah-warisan-jepang ini)

Lima: Jauhi bangku prioritas, selama Anda bukan lansia, ibu hamil, atau mereka yang lebih berhak. Rebutan bangku saja sama yang lainnya.. *singsingkan lengan baju!*

Enam: Jaga dan awasi tas dengan baik, karena beberapa kali ada berita tentang copet di kereta. Ya kecuali jika memang ingin bersedekah kepada mereka :p

Tujuh: Pakailah earphone, untuk menghindari mendengarkan percakapan yang tidak perlu. Ya daripada ikutan dosa, apalagi jika berada di gerbong wanita..

Delapan: Bawa counterpain, tolak angin dan obat pribadi lainnya jika diperlukan. Di CL jargon “HIDUP ADALAH PERJUANGAN” lebih berasa!

Sembilan: Jangan mengeluh, berdecak kecewa dan kode-kode lainnya yang mewakili perasaan tidak suka, sebal, kecewa dan negatif lainnya. Bukan kita saja loh yang lagi cape🙂. By reducing negativity, we’re commited to be a good person.

Itu dulu deh, kalo ada yang lain nanti dibuatkan seri keduanya. Semoga manfaat ^^

Diposting dari dalam Commuter Line Jkt – Depok yang lagi stuck entah di mana. Untungnya dapet tempat duduk. Alhamdulillah.

One thought on “Tips Ber-Commuter Line

  1. -rizka- berkata:

    Sepuluh: Selain jaga bawaan jaga juga anak Anda, jangan sampe ketinggalan di stasiun sementara Anda berdesakan masuk gerbong

    Sebelas: Bila Anda bukan pelanggan layanan CL, jangan kaget kalo pas beli tiket kena tambahan ongkos 5000 utk deposit, Anda bisa balikin tiket ke loket di stasiun tujuan dan duit deposit Anda kembali.

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s