[Sekilas Mengenai] Tes Pertamina

Tulisan ini aku buat tanpa ada maksud apapun selain membagikan sedikit informasi kepada yang memerlukan. So, don’t get me wrong ^^.

Beberapa waktu lalu, aku mulai mengikuti rangkaian tes yang diadakan oleh PT Pertamina (Persero). Seperti berita yang telah beredar, untuk bisa bergabung dalam suatu BUMN maka kita harus melewati cukup banyak tahapan tes. Program yang dibuka oleh Pertamina disebut dengan BPS (Bimbingan Profesi Sarjana), dan info mengenai BPS bisa diperoleh di situs resmi PT Pertamina (Persero). Selanjutnya, BUMN ini akan aku singkat dengan PTPP, males ngetik panjang-panjang😀.

Berikut merupakan tahapan yang pernah aku jalani, dan informasi ini bersifat subjektif karena berdasar hanya pada pengalamanku semata:

  1. Mengirimkan berkas secara online pada situs resmi PTPP. Di sana harus mengisi beberapa form dan mengupload beberapa files seperti transkrip dan ijazah.
  2. Mengisi soal online. Setelah tahap pertama selesai, maka akan ada soal dalam bahasa inggris yang muncul dan harus dijawab. Anggap saja ini tes pertama😀.
  3. Setelah beberapa waktu, mungkin setelah lolos tes online, maka akan ada undangan melalui email dan sms (seharusnya) untuk mengikuti tes TOEFL di kantor PTPP. Beruntung bagi yang mendapatkan jadwal tes agak siang, aku kemarin harus berangkat subuh biar ga kena macet >.<.
    Tips: jangan lupa untuk membaw KTP dan dokumen yang diminta, persiapkan dari hari sebelumnya (jangan meniru aku yang baru ngeprint jam 5 pagi pada hari H modal nebeng pula karena baru tau kalo dokumennya mesti diisi dengan diketik :D). Buanglah air kecil dan air besar sebelum tes, karena peserta tidak diperkenankan meninggalkan tempat sebelum tes selesai.
  4. Pengumuman tes TOEFL dipasang pada hari itu juga. Aku menunggu kurang lebih 3 jam untuk melihat pengumumannya. Jika lolos tes TOEFL maka akan dilanjutkan dengan tes psikometri pada hari berikutnya. Tes TOEFL dan Psikometri ini kemarin berurutan hari pelaksanaannya.
  5. Pada tes psikometri, aku diberi 40 soal yang harus dijawab dalam 15 menit T_T. Konsentrasi, karena butuh pemahaman dalam membaca soalnya. Setelah soal pertama, akan ada soal kedua yang berjumlah 25 soal dan diberi waktu 25 menit. Soal ketiga berjumlah 200 soal, hmm bukan soal si kalo ini cuma pertanyaan aja kok. Hasil tes psikometri akan diumumkan pada hari yang sama setelah menunggu kurang lebih 2 jam😀.
    Tips: udahlah, konsen aja ke soalnya dan kerjakan😀
  6. Selanjutnya akan ada email undangan untuk interview user dan HRD.
    Tips: datanglah lebih pagi untuk mempersiapkan diri dan mengurangi rasa nervous yang sering muncul, jawablah pertanyaan mereka dengan jujur and be your self, isi CV dengan jujur juga, inhale deeply and don’t even exhale it to reduce nervous feeling ^^v.
  7. Tunggulah email undangan medical check up dengan sabar, jika memang lulus tes sebelumnya😀. Medchecknya termasuk cukup ribet, aku dateng mulai jam 7.20 pagi dan baru selesai jam 17.00 >.<. Mulai dari tes urine, darah, feses, rontgen, USG, gigi, kadar gula, mata, fisik, detak jantung, diafragma (aku gtau apa namanya), ambeien, pendengaran, dan kebugaran. Untuk kebugaran, cukup dengan lari keliling lapangan banteng sebanyak 4 putaran😀.
  8. Tes terakhir konon kabarnya adalah interview direksi. Dan saya belum ada info soal ini😀.

Kalau mau baca yang lebih detail, silakan aja ke sini.

Good luck. Jangan lupa untuk berdoa dan minta doa dari orang tua kalo memang pengen bergabung dengan PTPP ^^.

Update:

Undangan untuk Interview dengan Top Management datang sekitar 7 minggu dari Medcheck. Kecepatan berlari bukanlah harga mati dalam menentukan apakah peserta lolos atau tidak untuk Tes Medcheck nya, jadi berusaha saja sebaik mungkin🙂.

Tips untuk interview top management: be your self, ga perlu berfikir untuk memberikan impresi yang berlebihan dengan berusaha untuk menjadi orang lain agar bisa ditrima di sana. Karena hal ini nantinya akan menyusahkan diri sendiri, ketika penempatan di lapangan tidak sesuai dengan kapabilitas kita. Jadi jujur saja😉.

Diterima atau tidaknya, selain urusan Tuhan (karena ini termasuk ke dalam takdir, setelah kita berusaha semaksimal mungkin) menurutku juga apakah skill dan kriteria yang kita punya match dengan yang dibutuhkan. Jika tidak keterima, jangan berkecil hati ^^.

31 thoughts on “[Sekilas Mengenai] Tes Pertamina

    • fitri berkata:

      kenapaaa diingatkan lagiiii -_-

      Sodara-sodara, untuk tes kesehatan disuruh membawa ktp dan fotokopinya, foto 4×6, baju dan sepatu olahraga dan feses.

      Mending pas tes kesehatan bawa makanan sendiri juga, karna pasti sampe sore dan mulai dari jam 22.00 pada malam sebelumnya uda disuruh puasa (cuma boleh minum air putih), di sana ga dikasih konsumsi pula *sigh*.

      Saya melakukan tes kebugaran pada saat badan uda cape dan kelaparan. Kalo ntar ga lolos, wajar saja😆

      • lulu berkata:

        beneran bawa pup vit hehehheh *gak kebayang gmna bawanya padahal udah dandan cantik2 :))… gud luck y mpiit ^^

    • hera saja berkata:

      halo, salam kenal.
      mau nanya nih buat Kardoman Tumangger ,
      kamu ikut medical checkupnya kapan?
      aq ikut tgl 6 mei 2011 d sby, dan belum ada panggilan.
      mohon info dan kontaknya ya.
      terimakasih.

  1. arinda berkata:

    kalo lari nya 17menit gmn ya?😦 menentukan bgt ya? hiks…
    tp kalo insyaAllah kesehaatan lainnya oke.. apa lari msh menghambat yaa? tlg djwb yaa sis

  2. Asril berkata:

    Salam kenal yah….
    Mau Nanya, Kalau wawancara Top Management, Apa-apa aja yang ditanya yah? tolong berikan masukan dong.
    Salam

  3. Anto berkata:

    Numpang tanya Mbak…🙂
    Test TOEFL di Pertamina soal2nya seperti ap y? Ga pernah Test toefl soalnya. Apa kaya EPT gitu (reading, grammar/structure/listening). Dan kalo blh tau jml soal dan wktunya brapa y? Trims ats jwbnya.🙂

  4. Anto berkata:

    Mksh y Mba ats infonya.. (baik bgt, lgsg di reply.. hh🙂, beda sama ngapply kerjaan, ad yg berbulan2 br di-reply.😦 hh )

  5. mutiara tia berkata:

    mw tanya ne mbak, jika kita dapt undangan tk tes di jakarta sementara saya di Riau, apa memang ada travel khusus yang di tunjuk oleh pertamina yang akan mengurus mobilisasi kita???

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s