Opini Pribadi: Aksi Protes PPI Berlin – Jerman

Saya pertama kali melihat video youtube mengenai aksi protes PPI Berlin – Jerman atas kunjungan DPR Komisi I ke Jerman beberapa waktu yang lalu adalah ketika salah satu kelompok di kelas sedang melakukan presentasi untuk mata kuliah Metode Penelitian HI. Video yang berdurasi 9 menit 40 detik itu menggambarkan cuplikan kegiatan anggota dewan selama di Jerman dan sikap protes yang dilakukan oleh PPI di sana.

Pada awalnya saya merasa antusias, akhirnya mahasiswa berbuat sesuatu untuk mengingatkan anggota dewan atas urgensi, analisa, dan solusi mengenai alasan dan pelaksanaan kunjungan anggota dewan ke Jerman yang menghabiskan dana yang tidak sedikit dan memakai uang rakyat, sementara para mahasiswa yang menimba ilmu mungkin sebagian besar malah menggunakan uang sendiri, uang orang tua atau beasiswa dari negara lain dan masih banyak hal yang bisa diperbaiki dengan uang 2M.

Saya, pribadi, juga cukup jengah dan lelah mendengar berita mengenai sikap yang kurang bijak, kurang berempati dari anggota dewan untuk studi banding ke luar negeri, yang seringkali dilakukan dengan sistem bedol desa (berbondong-bondong bersama sanak keluarga) tanpa adanya transparansi dana, program, hasil capaian selama kegiatan tersebut berlangsung. Apakah anggota dewan yang terhormat masih belum cukup belajar dari kejadian-kejadian yang telah lalu?

Mengenai point yang diutarakan oleh pewakilan PPI Berlin – Jerman, saya cenderung sependapat. Namun, aksi walkout tersebut bukanlah aksi heroik dan fair. Menurut saya, seorang mahasiswa porsinya adalah mampu memberi dan menerima kritik, mau didengarkan dan mendengarkan, bukan secara sepihak membombardir “dosa” dan meninggalkan “ruang pengadilan” begitu saja tanpa mendengarkan penjelasan dari “tersangka”. That’s not fair at all. Dan tidak dapat disalahkan jika kemudian timbul opini-opini yang menduga aksi PPI Berlin – Jerman ditunggangi oleh kepentingan lain.

Selamat berjuang mahasiswa!

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s