Heran Atas Pembajakan Tulisan

Aku terheran-heran, mendengar kabar soal tulisan yang dibajak.

Oke, beberapa kali sering aku jumpai para blogger wordpress yang “protes” karena tulisannya dibajak. Tapi kali ini, pembajakan tersebut terjadi langsung dengan orang yang aku kenal.Bikin heran. Kalo menyontek ide mah masih wajar, tapi kalo udah copy paste tanpa di edit dsb, kok ya terlalu.

Menurutku pastilah tiap orang punya pikiran beda-beda dalam memandang dan menginterpretasikan sesuatu. Cara penulisan dan analisis tiap orang itu unik. Tiap penulis tenar maupun blogger biasa aja punya ciri khas bahasa dan gaya penulisan sendiri.

Trus, bagaimana dengan para pembajak itu? Malas-kah? Ga kreatif-kah? Ga-bisa-nulis-kah? Padahal setauku ga enak banget mengakui milik orang lain sebagai milik sendiri. Malu.

5 thoughts on “Heran Atas Pembajakan Tulisan

  1. Hafiz berkata:

    kenal doang? ;;)

    yang lama itu juga ada yang di-edit, diganti kata-katanya. Copy paste sama edit.

    Sebenernya sih masalahnya kenapa sih ga dicantumin siapa penulis asli, ambil dari mana, gituh.

  2. temen_kantor berkata:

    gmn klo km kasi komentar pada postingan mreka, minta baik2 biar mreka mencantumkan nama penulis aslinya (dari asal kutipan mreka)? biar ga diulangi oleh yang laen juga. ga ngefek ya? ahaha… paling ga kaskuser yang laen jadi tau reputasi mreka n menimbulkan efek jera pastinya, semoga…

  3. Hafiz berkata:

    ga ngepek.

    karena komentarnya pasti terkubur di antara komentar-komentar “setuju gan”, “oke juga nih gan”, “sip”, dan sebangsanya.

    Oh yes I’ve tried.

  4. fitri berkata:

    geje abees di sana itu. Pertamax-pertamax an ato gan gan an ckckckc.. Banyak-banyakan posting sepertinya, sebagai tolak ukur dalam menunjukkan eksistensi dan tingkat ketenaran^^

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s