Cooking Level Up ^^

Setelah melewati sekian tahun sebagai asisten dapur ibuku, yang berperan untuk mengupas bumbu masak dan mencucinya, akirnya belakangan aku berusaha keras untuk menyaingi skill ibu di dapur *lebay* hihihi.

Sekarang jadi sering mengunjungi dapur, walo mata masi berat untuk dibuka ato badan udah kecapekan pulang kerja. Rasa-rasanya ketagihan pengen nyobain resep ini itu yang ngasal, trus ngerasain hasilnya enak apa ga. Kalo ga enak, besok pengen nyoba sampe enak, trus kalo enak jadi makin nagih buat nyobain eksperimen dengan bahan lainnya.

Nah, beberapa hari lalu ke pasar trus ngeliat ikan kembung seger-seger kok pengen beli. Jadinya belilah aku ikan kembung 1/4kg dan dapet 4 biji. Trus dibawa pulang buat disiksa dimasak. Dan ini bumbu-bumbunya:

5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
2 buah cabe merah
5 buah cabe rawit (sesuai selera)
garam (menurut feeling)
gula (menurut feeling)
1 buah jeruk nipis
minyak goreng 3 sendok
air putih

Caranya:

  1. Bersihkan dulu ikannya, trus diperesin jeruk nipis dan dilumuri garam. Ya kata ibu si biar amisnya agak ilang. Eh jangan lupa bagian perut si ikan disayat miring biar bumbunya ntar meresep.
  2. Bumbu-bumbu tadi diulek mpe halus. Kalo cape ngulek, ya ga usah halus-halus amat lah, yang penting udah melunak.
  3. Panaskan minyak di wajan, trus masukkan bumbu yang udah dihaluskan tadi sampe harum.
  4. Masukkan ikan, dan tambahkan air putih paling ga sampe kepalanya ikan ikut kerendem biar mateng juga.
  5. Tambahkan gula sesuai selera.
  6. Karna ikan ini ga digoreng dulu, maka tutup aja wajannya (aka diungkep) sampe kuahnya mengental dan hampir habis.
  7. Tunggu sampe mateng ^^.

Enaak deh jadinya (paling ga menurutku). Ikan yang 4 ekor tadi berhasil bikin aku nambah-nambah mulu makannya hihih. Sayangnya ga dipoto ^^.

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s