Perasaan Berdosa Tapi Enak

Judulnya najong abis ahahaha. Tapi emang enak.

Tadi habis kena giliran piket jaga kantor sampe jam setengah 10 (brasa satpam aja), pulangnya mampir dulu ke martabak Alim buat beli martabak manis. Ya kali aja habis makan si martabak, aku jadi ketularan alim juga. Anyway, akirnya dibungkuslah si martabak kismis keju. Mana kejunya nutupin seluruh permukaan si martabak. Catatan: aku beli martabaknya yang mini.

Setelah sampe di kos, masuklah aku ke dapur ngeliat sisa ikan yang aku masak untuk buka puasa kemaren. Dan ternyata masi separo, bagian perut sampe ekor. Daripada mubazir, mending aku makan aja skalian ngabisin nasi di magic com. Mubazir kan dosa booo… *carialesan* heheheh.

Habis perut kenyang, aku ngandang ke kamar. Si martabak masih mengedip-ngedip manis padaku, cantiknya penuh parutan keju. Tanpa banyak cingcong, habislah si martabak 4 potong ke dalam perut. Dan sampai sekarang aku masi melek, untuk menebus rasa berdosa karna masi aja makan padahal udah mau tidur.

Moga-moga nasi dan ikan beserta martabak alim telah tersalurkan dan habis menjadi energi untuk mengetik beberapa postingan malam ini. Eh, masa kurang banyak kerjaannya? Kan pake mikir juga ngetiknya, jadinya butuh banyak energi *ngeles*.

Udah ah, tidur dulu. Dari pada tekor, kebanyakan energi yang dibuang daripada makanan yang masuk ke perut. Gnite all.. Sweet dream. Tidur ditemeni mas Opick yang menyanyi.

Balado

Nah, udah pernah masak balado sekali dan sukses, trus pas mau masak lagi kok lupa bumbunya *dudul*. Skarang diposting saja. Lagi-lagi tanpa gambar T_T. Yang bisa dibalado udang ato cumi.

Bahan:
Udang ato cumi 1/4 kg.

Bumbu:
Garam
Bawang putih 2 butir
Bawang merah 5 butir
Cabe rawit 2 buah (sesuai selera)
Cabe merah besar 2 buah

Cara:

  1. Berishkan dulu udangnya, cuci. Ulek bawang putih dan garam. Setelah halus dikasih air dan lumurkan pada udang.
  2. Goreng udang tadi sampai hampir matang (jangan terlalu lama).
  3. Potong bawang merah dan cabe, goreng sebentar agar mudah menguleknya. Kemudian haluskan dan beri garam sedikit.
  4. Goreng bumbu yang sudah dihaluskan dalam 3 sendok makan minyak goreng.
  5. Jika sudah harum, masukkan udang goreng tadi. Bolak-balik hingga merata dengan bumbu.

Sudah selesai dan masakan siap dihidangkan ^^. Selamat mencoba.

Masak Cumi

Oke, emang judulnya ga banget. Maklumlah, aku kan pemula untuk urusan dapur. Jadi postingan soal masak memasak sebagai bahan bacaan kalo aku lupa bumbunya dan untuk melihat seberapa progres keakrabanku dengan dapur ^^.

Karna belum pernah masak cumi, dan kalo beli paket cumi+nasi+sayur di sekitar sini harganya mahal, 17500. Itu padahal cuminya cuma 5 potong kecil. Nah, pas belanja ke pasar, beli de 1 cumi yang agak besar. Murah lo, cuma 6000. Bisa dipake makan 2 kali versi irit.

Trus dibawa ke dapur dan dicampur dengan bahan-bahan ini:

1 buah bawang bombay
2 buah bawang putih
3 buah cabe rawit
garam (sesuai selera)
saus tiram (sesuai selera)
minyak goreng

Tuh kan bahannya aja cuma dikit ^^.

  1. Bersihkan dulu cuminya, potong tipis ato sesuai selera.
  2. Potong tipis bawang bombay, bawang putih dan cabe.
  3. Panaskan minyak goreng dan masukkan bawang dan cabe. Tumis sampai harum.
  4. Masukkan cumi yang udah dipotong tadi, tambahkan garam ga usah banyak-banyak.
  5. Trus kalo uda sekitar 4-5 menit gitu (kira-kira cumi udah mateng) tuangkan saus tiram untuk menambah rasa dari cumi tadi.
  6. Angkat dan siap dihidangkan ^^.

Cooking Level Up ^^

Setelah melewati sekian tahun sebagai asisten dapur ibuku, yang berperan untuk mengupas bumbu masak dan mencucinya, akirnya belakangan aku berusaha keras untuk menyaingi skill ibu di dapur *lebay* hihihi.

Sekarang jadi sering mengunjungi dapur, walo mata masi berat untuk dibuka ato badan udah kecapekan pulang kerja. Rasa-rasanya ketagihan pengen nyobain resep ini itu yang ngasal, trus ngerasain hasilnya enak apa ga. Kalo ga enak, besok pengen nyoba sampe enak, trus kalo enak jadi makin nagih buat nyobain eksperimen dengan bahan lainnya.

Nah, beberapa hari lalu ke pasar trus ngeliat ikan kembung seger-seger kok pengen beli. Jadinya belilah aku ikan kembung 1/4kg dan dapet 4 biji. Trus dibawa pulang buat disiksa dimasak. Dan ini bumbu-bumbunya:

5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
2 buah cabe merah
5 buah cabe rawit (sesuai selera)
garam (menurut feeling)
gula (menurut feeling)
1 buah jeruk nipis
minyak goreng 3 sendok
air putih

Caranya:

  1. Bersihkan dulu ikannya, trus diperesin jeruk nipis dan dilumuri garam. Ya kata ibu si biar amisnya agak ilang. Eh jangan lupa bagian perut si ikan disayat miring biar bumbunya ntar meresep.
  2. Bumbu-bumbu tadi diulek mpe halus. Kalo cape ngulek, ya ga usah halus-halus amat lah, yang penting udah melunak.
  3. Panaskan minyak di wajan, trus masukkan bumbu yang udah dihaluskan tadi sampe harum.
  4. Masukkan ikan, dan tambahkan air putih paling ga sampe kepalanya ikan ikut kerendem biar mateng juga.
  5. Tambahkan gula sesuai selera.
  6. Karna ikan ini ga digoreng dulu, maka tutup aja wajannya (aka diungkep) sampe kuahnya mengental dan hampir habis.
  7. Tunggu sampe mateng ^^.

Enaak deh jadinya (paling ga menurutku). Ikan yang 4 ekor tadi berhasil bikin aku nambah-nambah mulu makannya hihih. Sayangnya ga dipoto ^^.