Muhasabah

God always has a way to make people turn to Him

I am not a devout man.

Tentu saja. Tulisan kali ini tidak ada maksud lain selain untuk refleksi diri. Untuk diriku sendiri. Jadi jika sekiranya ada kata-kata yang kurang berkenan, maka itu adalah sebuah ketidaksengajaan dan aku dengan rendah hati meminta maaf.

Iman.

Secara harfiah dapat diartikan sebagai rasa percaya akan sesuatu. Ya, aku mengimani kalau Allah itu ada, dan Allah satu-satunya Tuhanku. Namun apa yang belakangan aku lakukan sebagai konsekuensi keimananku? Nyaris tidak ada kecuali solat 5 waktu dengan dalih kebiasaan. Kadang waktu sholatpun, pikiran ke mana-mana.

Aku tau, kualitas keimanan seseorang itu ada pasang surutnya. Tapi belakangan kenapa kok surut saja yang aku rasakan. Mungkin beberapa waktu lalu sempet naik, dan itu karna ada maunya.

Ya, aku meyakini kalau Allah selalu punya cara untuk membuat hambaNya, yang entah kadang atau sering melupakanNya, memalingkan hati mereka kembali kepadaNya melalui berbagai macam cara. Dan aku tidak ingin mengingatNya setelah aku mendapatkan musibah atau kesusahan, seperti yang selama ini aku lakukan.

Lantas, apa gerangan yang membuatku kembali memikirkan cara untuk membuat hatiku mengingat dan merindukanNya ? Menahan nafsu makan, awalnya.

Aku berfikir, satu-satunya caraku untuk menahan nafsu makanku yang kadang terasa teramat liar untuk dikendalikan adalah hanya dengan puasa. Dan aku berfikir lagi, “Allah lo Maha Tau, kamu ga malu ta mau puasa cuman gara-gara biar kurusan dikit? Kok niatmu itu gada ibadahnya sama sekali”. Plaaaak, bagus! Aku merasa malu. Emang tidak ada yang bisa aku sembunyikan dariNya, aku mungkin lupa itu.

Mulailah aku browsing, jenis-jenis puasa sunnah apa yang bisa aku lakukan. Karena kalau aku lagi puasa, ada rasa yang gimana gitu karena tidak memikirkan makanan melulu. Jadi pikiran bisa dipakai untuk memikirkan hal lain yang tentunya lebih berguna. Kalau mau tau jenis puasa sunnah, bisa dibaca di sini. Oke, satu masalah sudah ada solusinya.

Dari situs yang aku baca, ada link ke situs lain yang bertema agama juga. “Klik ah, kok sepertinya udah lama ga dapet siraman rohani”. Iseng, aku berkunjung ke muslimah.or.id. Lah halaman awal kok udah disuguhin dengan artikel berjudul Membaca Kalamullah dengan Benar Nan Indah (1) dengan tulisan segede gaban dan warna mencolok mata *istighfar*. Aku lupa kapan terakhir aku ngaji. Astaghfirullah ya Rabb. Boro-boro ngaji, kadang subuhan aja bangunnya telat.

I know myself, but He knows me well.


Dari kemaren uda sering membahas beberapa hal sama si Pinkih, mulai dari masalah geje, rencana dan target 5 tahun ke depan, masalah feminism, khayalan urusan menghandle rumah tangga nantinya sampe masalah ngaji. Ah thanks Pink, for our silly conversations😀. Pas ngoperasi bareng ngobrol lagi, aku curhat masalah ibadahku yang payah. Belakangan rasanya males banget kalau mau mampir ke mushola pas jam 10. Akhirnya kelar jajan aku mampir, and I cried. I don’t know why. I just feel shy, and miss Him maybe.

Aku bandel, dan bakalan susah untuk memberitahuku sampai pada akhirnya aku meyakinkan diri sendiri kalau aku memang perlu untuk melakukan apa yang diberitahu oleh orang tsb. Buktinya, tetangga boothku yang nyaris tiap hari nyetel nasyid atau streaming tauziah aja ga ngefek untuk menggerakkanku melakukan hal yang sama. “Berasa lagi ramadhan” *maap Bar :D*.

Dan siraman rohani berlanjut, pada sahabatku yang lagi di Bali lewat ym.

(10:38:07) loe2k_maez  ting tung
(10:36:43) safitri haloooo
(10:38:18) loe2k_maez  apa kbarnya adik iparnya uda?😆
(10:36:44) safitri >:D<
(10:36:46) safitri hahahaah
(10:36:55) safitri lagi nulis soal refleksi diri
(10:37:04) safitri belakangan kok ibadahku ga bagus gini
(10:37:12) loe2k_maez  owh
(10:37:14) loe2k_maez  muhasabah
(10:37:15) safitri di blog
(10:37:15) safitri😀
(10:37:27) safitri muhasabah artinya refleksi diri ya?
(10:37:30) loe2k_maez  merasa jauh dari God y
(10:37:34) loe2k_maez  yups
(10:37:37) safitri iyah
(10:37:44) safitri ini tadi dhuhaan
(10:37:46) safitri nangis aku
(10:37:47) safitri😦
(10:38:22) loe2k_maez  emmm…. nangis krena mengingat Allah
(10:38:26) loe2k_maez  bagus klo begitu ^^
(10:38:33) loe2k_maez  kmren2 aq juga begitu
(10:38:36) loe2k_maez  hihi
(10:38:57) safitri hihihi
(10:39:00) safitri kok ya bisa barengan
(10:39:01) safitri >:D<
(10:40:50) loe2k_maez  iya kmren2 lagi melow hihhi
(10:41:03) loe2k_maez  udah terlalau being self center mpe jauh ma God juga
(10:43:16) loe2k_maez ini
(10:41:12) loe2k_maez  lucu y gambarnya
(10:41:31) safitri iyaaah
(10:41:32) safitri hihihi
(10:44:36) loe2k_maez  ini lagi
(10:42:28) loe2k_maez  tpi bahasanya malay ahaahha
(10:42:37) safitri😆
(10:42:42) safitri yg ptg bukan alay
(10:50:24) loe2k_maez  hahaha ni pasti lagi sibuk nulis y…
(10:50:29) safitri hahahha
(10:50:31) safitri iyah
(10:50:36) loe2k_maez  kmren sempet bahas2 ma elly tntg artikel ini
(10:50:37) safitri biar ga penuh2 kepalaku
(10:50:44) safitri oh aku juga baca
(10:50:48) safitri liat dari link ym mu
(10:50:49) safitri😀
(10:50:52) loe2k_maez  sebenarnya tugas qt di dunia cuman 2
(10:51:20) loe2k_maez  semuanya jadi so complicated whe we getting older krena qt melupakan 2 tugas utama qt
(10:51:55) safitri terusin kakluk, aku perlu siraman rohani
(10:51:58) loe2k_mez  saatnya menata hati,,, merefleksikan diri lagi
(10:52:01) safitri sampe banjir kalo perlu
(10:52:04) loe2k_maez  ahhahah
(10:52:11) safitri bandelnyaaaa ku ini
(10:52:16) loe2k_maez  sampe banjir katanya
(10:52:18) safitri tp aku bersyukur aku single
(10:52:19) loe2k_maez  sama aja vit
(10:52:26) safitri jadi xxxxxx //disensor demi meminimalisir ketersinggungan pihak lain
(10:52:27) safitri😆
(10:52:30) safitri thanks God
(10:52:38) safitri You knows me well
(10:52:43) loe2k_maez  ketika hati sudah digantungkan hnya pada masalah dunia,, maka mata hati qt makin lama makin tertutup
(10:53:18) loe2k_maez  pdahal klo niat di tata
(10:53:29) loe2k_maez  maka segala sesuatu yg qt lakukan jadi ibadah
(10:53:59) safitri oh Ya Allah
(10:54:01) safitri *istighfar
(10:54:02) loe2k_maez  jadi yg pertama harus qt lakukan adalah memperbaiki niat….
(10:54:07) safitri uda lama ga denger beginian
(10:54:29) loe2k_maez  hihi aq jadi malu
(10:54:43) safitri😦
(10:54:45) safitri lanjutiiiin
(10:55:25) safitri nah itu dia
(10:55:33) safitri ibadahku berantakan
(10:55:44) safitri uda terlalu fokus ma urusan dunia
(10:56:05) safitri ini tadi mikir “apa si yang bisa nahan nafsu ngemilku biar badan yg membengkak ini kurusan”
(10:56:08) safitri jawabannya puasa
(10:56:12) safitri nah lanjut mikir lagi
(10:56:21) safitri “kok ga malu si puasa cuma karna niat diet”
(10:56:25) safitri *plaaaaakkk
(10:56:29) safitri ditampar diri sendiri
(10:56:31) safitri😆
(10:58:09) loe2k_maez  hahahha tpi memperbaiki niat mngkin juga gak bisa frontal
(10:58:27) loe2k_maez  ikhlas itu harus dilatih
(10:58:34) loe2k_maez  bukan instan jadi
(10:58:39) loe2k_maez  *ngomong gampang y
(10:58:40) loe2k_maez 😀
(11:02:04) loe2k_maez  klo melakukan sesuatu nunggu ikhlas secara penuh juga gak bakal dilaku2in
(11:02:06) safitri hhihi
(11:02:14) safitri ga semua orang bisa mikir kek gini kakluk
(11:02:14) loe2k_maez  ingt gak ada crta guyonan kyak gini
(11:02:22) safitri kita patut bersyukur dikasi pikiran kek gn
(11:02:42) loe2k_maez  jadi jika diibaratkan klo hasil ibadah itu dpt selembar kain
(11:02:54) loe2k_maez  iya smoga masih dibimbingNya
(11:03:00) safitri trus2
(11:03:23) loe2k_maez  ada 3 oran ini:a,b,c
(11:03:53) loe2k_maez  si A : beribadah dg sungguh n ikhlas krena tingkat keimanan yg memang udah mantab
(11:04:14) loe2k_maez  si B : y daripada gak ibadah,, gak ikhlas2 dikit boleh lah
(11:04:29) loe2k_maez  si C : ngapain ibadah klo gak ikhlas,, nunggu ikhlas dulu lha
(11:04:44) loe2k_maez  in d end : waktu ajal menjemput n tidak tahu kpan itu
(11:05:03) loe2k_maez  di hari pembalasan ntar si A baklan dpt kain utuh, bagus
(11:05:16) loe2k_maez  si B : dapt kain tpi sobek2 gak karuan
(11:05:23) loe2k_maez  si C : gak dpt apa2
(11:05:39) loe2k_maez  padahal di hari pembalasan ada yg namanya syafa’at dari baginda nabi
(11:05:58) loe2k_maez  mka beruntunglah si B kain sobek2nya dpt ditolong oleh syafa’at nabi
(11:06:25) loe2k_maez  sedangkan si C hanya melongo krena dia tidak punya apa2 yg harus ditambal oleh syafa’at
(11:06:29) loe2k_maez  hiihi
(11:06:37) loe2k_maez  dulu pernah dapt cerita kyak gitu
(11:07:12) loe2k_maez  buat motivasi beribadah pas waktu kecil,, yg masih suka minta reward😀
(11:07:25) safitri😀
(11:07:28) safitri baguuus critanya
(11:07:33) safitri nah itulah dia
(11:07:46) safitri aku percaya Allah selalu berusaha memalingkan kita kepadaNya
(11:07:57) safitri cuma kita sadar apa ngga, mau memanfaatkan ato engga
(11:08:00) safitri itu yg jadi kuncinya
(11:08:12) safitri malu sebenernya dateng pas butuh doang
(11:08:19) safitri karna aku juga ga suka kalo digituin
(11:08:20) safitri😀
(11:08:50) loe2k_maez  iy ya.. apalagi pas adzan berkumandang,, Beliau harus menanti qt untuk dtang
(11:09:11) safitri aku sering nunggu mpe akhir2 kadang
(11:09:14) loe2k_maez  padahal Beliau bos qt kok y Beliau y nunggu
(11:09:14) safitri karna kecapekan

Makasi Kakluk *peluk-peluk*.

Ya, aku tau aku belakangan terlalu disibukkan dengan urusan dunia untuk mengejar ini mengejar itu. Khayalan soal 5 tahun mendatang aku punya, tapi ketika aku harus dipanggilNya sebelum itu rasanya aku ga punya bekal.

Astaghfirullahaladzim Ya Rabb.

Ah bapak, ibu, anakmu merindukanmu..

16 thoughts on “Muhasabah

  1. glowandflow berkata:

    itu kenapa ada “(10:38:18) loe2k_maez apa kbarnya adik iparnya uda?” segala ya?😀

    ngebaca postinganmu ini aku juga jadi pengen memperbanyak ibadahku sebagai bekalku nanti. takut kalo ntar pas dipanggil bekalku cuman seiprit.

    soal ngaji, dilakukan tiap hari aja pit. misal setelah isya setiap hari minimal 5 ayat. –> diajarin gusman gt, tapi kadang kalo udah kecapean banget suka nggak ngaji

    • fitri berkata:

      itu sungguh ketidaksengajaan *ngeles*.

      Iyah ni Mbak Ti, keknya musti dibiasakan untuk ngaji walo dikit. Kalo baca aja jarang, gimana mau tau isinya T_T

  2. ta berkata:

    kok baca ini mataku berkaca-kaca ya @_@ berasa jleb jleb gitu, pengaruh backsound juga mungkin..
    huffh, being an adult has never been easy eh.. *padahal masih anak kecil gini ;p*

    • fitri berkata:

      aku uda bleber tadi wakakaka. Moga2 bisa saling mengingatkan. Emang manusia tempatnya salah kok Ta. Asal inget “pulang” rasanya masi aman ^^..

      Aku brasa juga masi kecil. la tapi kalo cuma dikasih umur 26 doang, cuma ada sisa 1 taun buat nabung *nangis lagi*

      Itu backsound emang berpengaruh besar sekali😆

    • fitri berkata:

      Pinkih kamu kenapa? Hahaha, kesian anakmu ntar, kalo IQ mu makin turun😆.
      Ingat, pria2 atletis itu mencari wanita yang pintar😆. Makanya, jaga kepalamu, jangan kebanyakan makan mie juga hahaah

      • -rizka- berkata:

        ituh ketampar bulak balik😀

        konon katanya dl pak habibie pas kecil biasa aja, trus beliau manjat kelapa, dan jatuh nyungsep…sejak saat itu beliau jadi jenius…

        masa iya aku perlu manjat kelapa dulu trus jatuh nyungsep?😀
        btw tu crita hoax bukan ya?

  3. lulu berkata:

    weitts…. kok cetingan qt di publish jadi malu hehehheehehh…..smoga qt bisa menjadi hamba Allah yg lbih baik n berguna bagi nusa n bangsa *halah😀.

    @ pinkih : masak ada cerita semacem itu,, baru dngar diriq,, hoax lha pati hheheh

  4. atmakusumah berkata:

    Muhasabah…lama Gak mampir kesini…dapat pencerahan🙂 , iya kadang kita begitu Sibuk dengan urusan Dunia, tapi kita begitu pelit untuk MengingatNYA…Keseimbangan katanya kunci untuk bahagia dunia akhirat, tapi keseimbangan itu sendiri kan mesti Proporsional…Kehidupan disana kekal, sementara disini hanya sementara…
    makasih Mbak Fit, tulisannya…Jadi mesti Sering2 menghisab diri, sebelum kelak di Hisab di sana…😦

  5. faida berkata:

    dapet artikel ini dari milisss annahl….
    liat judulnya, agak malessss mbacaaa. tp karena malesss kerja, akhirnya ku baca juga. semakin lama mbaca, jadi2 bertanya2, ini tulisannya siapa tho. kok ada namanya pingkih….
    tebakan pertama uul dan ternyata kuliat sumber nya dan ku copy alamat webnya…eh ternyata kamu tho pit.
    tulisannya kereennnnnn, mengingatkan diriku yg sekarang berada di titik terendahhh….hehehehhehe.
    ayo sama2 kita memperbaiki diri.
    semangat piiitttttttttttttttttt……

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s