Persiapan Cuti Panjang

Ga terasa tahun 2020 yang penuh dengan kejutan ini sudah sampai di akhir. Tahun ini kayaknya hanya Januari, Februari, tau-tau November.

Di penghujung tahun 2020 ini, saya membuat keputusan yang cukup besar yakni mengajukan unpaid leave satu tahun ke kantor. Sebenernya sudah lama sering bercanda kalau mau unpaid leave, tapi baru saat ini dirasa sebagai timing yang tepat.

Untuk memastikan kenyamanan hidup selama unpaid leave ini terjaga, beberapa hal perlu diperlu dipersiapkan.

Tabungan

Tabungan dipastikan setidaknya sudah siap untuk membiayai pengeluaran selama satu tahun ke depan. Kalau lebih, ya lebih baik tentunya. Apalagi jika ternyata sudah cukup hingga pensiun dan dua keturunan berikutnya 😂.

Asuransi Kesehatan

Salah satu hal yang saya syukuri ketika WFH adalah banyak akun IG yang membuat IG Live mengenai edukasi finansial. Saya dan suami sebelum pandemi ini masih awam dengan asuransi. Karena sering ikut sharing session, kami memutuskan untuk membeli asuransi jiwa bagi suami, sementara saya membeli asuransi kesehatan.

Sebagai pegawai kantoran, yang selama bekerja sangat dimanjakan oleh fasilitas kantor apalagi tentang asuransi, maka ketika unpaid leave harus punya asuransi kesehatan sendiri. Hal ini karena selama periode unpaid leave, semua benefit dari kantor akan dicabut. Semoga sih asuransi yang saya beli ga pernah kepake ya.

Berdamai dengan Diri Sendiri

Sejak lulus kuliah, saya langsung bekerja dan selalu menerima gaji setiap bulan. Awalnya sempat galau banget gimana nanti kalau ga gajian. Bukan ke masalah finansial sih sebenarnya, namun lebih ke rasa insecure seperti powerless karena ga punya income sendiri, merasa ga punya bargain position. Tapi setiap orang kan beda ya. Semoga di masa cuti, ada banyak hal yang bisa saya lakukan dan eksplor lagi.

Tujuan

Buat saya tujuan untuk unpaid leave harus jelas, bukan semata-mata karena jenuh atau merasa lelah bekerja. Kalau jenuh, ketika unpaid dan ga punya tujuan bisa jadi makin jenuh, apalagi jika tidak ada kesibukan.

Tentukan tujuan dulu kenapa kita memutuskan untuk unpaid leave, agar kita bisa fokus mencapai tujuan itu walaupun nanti ada rintangan semacam kerinduan menerima SMS transferan dari kantor 😁.

Check List Aktivitas

Sebagai orang yang gampang bosan dengan rutinitas, saya perlu kreatif untuk mencari variasi aktivitas yang akan dilakukan selama unpaid leave. Sejauh ini yang sudah kepikiran adalah ngeblog, workout, belajar masak dari Youtube, ke perpustakaan, goler-goler di taman, lunch sama suami di deket kantornya, ngedate sama jalan kaki sore-sore. Musti nyari inspirasi di Google lagi nih 😄.

Kayaknya itu dulu yang kepikiran. Selamat menghabiskan tahun 2020 dan menyambut 2021 dengan suka cita. Sehat selalu ya!

2 respons untuk ‘Persiapan Cuti Panjang’

  1. denaldd berkata:

    Cuti panjang arep dolan mrene yo. Sik ditutup perbatasan gawe turis. Kecuali lek arep KPR nang kene 😅 semangat yaaa. Semoga lancar2 rencana selama cuti 1 tahun, ngumpul suami

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s