Tour De Jogja (Part 4)

Kenapa jadi mirip cerita bersambung ya?

Anyway, jalan-jalan kali ini bertema candi. Dan seperti biasa, kita mulai jalan dari tempat menginap masing-masing jam 8. Nah ada yang salah paham ni, si Anggri. Dia pikir kalo sampe di candinya jam 8 heheheh. Kesian ih, nungguin mpe 2 jam di sana, brangkat dari Solo pula, uda brasa pengen ngutuk orang jadi stupa kali ya ^^. Maaf de heheheh.

Maen ke candi kali ini berempat; aku, Mbak Dina, Chocky dan Anggri. Tujuannya adalah Candi Prambanan, yang terkenal sebagai candi dengan arsitektur tercantik di dunia (lupa baca di mana). Dari shelter busway terdekat, aku naik 2B dan berhenti di Condong Catur. Ganti lagi ke 3B untuk sampe ke Meguwo dan ganti 1A/1B yang berenti di Prambanan. Gampang ya di sini jalurnya ^^.

Sampe di sana uda jam 10. Aku, Mbak Din dan Chocky langsung ke loket buat beli tiket, Anggri uda masuk duluan. Ternyata ada yang paket Prambanan dan Ratu Boko, ntar dianter jemput ke Ratu Bokonya karna emang jalannya susah kalo pake kendaraan umum. Tiket Prambanan doang Rp 20.000,- kalo mau sama paket Ratu Boko tinggal nambah Rp 10.000,-. Nah pas mau antri, tiba-tiba ada bapak-bapak yang nyamperin kita trus bilang “tamunya dari mana mbak?”, sama ngeliatin si Chocky. Awalnya kita bengong, trus langsung ketawa-ketawa “dia Jogja asli pak”. Hahahha, seperti biasa, Chocky dipikir turis.

"Turis" dan fotografernya

Prambanan emang cantik abiiiiis. Aku masi terkagum-kagum, gimana cara bikinnya. “Cuma semalem doang kok”, kata si Anggri >.<, mematikan daya khayalku *sigh*.

Candi Prambanan merupakan kompleks percandian Hindu yang dibangun oleh raja-raja Dinasti Sanjaya pada abad IX. Ditemukannya tulisan nama Pikatan di candi ini menimbulkan pendapat bahwa candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung. Hal ini didasarkan prasasti berangka tahun 856M “Prasasti Siwargrha” sebagai manifes politik untuk meneguhkan kedudukan Rakai Pikatan sebagai raja yang besar. Kalo mau tau sejarahnya, bisa googling kok ^^.

Cantikkan (candinya)? ^^

Candi Prambanan

Di sana kita ketemu sekelompok bule geje. Keknya mreka sujud ke setiap candi yang ada di Prambanan ini. Liat aja ni fotonya ^^. Nah pas kita mo pulang, si bule ini melakukan ritual laen. Jadi penasaran, mreka sebenernya ngapain si, ato cuma wujud rasa girangnya karna uda bisa sampe ke sini. Entahlah, belum sempet tanya ke mreka heheh.

Bule geje yang entah ngapain

Ritual lain dari si bule

Kalo ngeliat dari arca-arca yang ada, orang jaman dulu tu yang perempuan kok behave banget ya, kalem *bikin frustasi*.

Ga kalah kalemnya kok :p

Di sekitar Candi Prambanan ini juga ada candi-candi lain, di antaranya adalah Candi Bubrah dan Candi Sewu *lainnya ga inget apa namanya*. Kita bisa naek kereta untuk tur keliling kompleks candi ini dengan membayar tiket Rp 5.000,-.

Di depan Candi Sewu yang lagi di renovasi

Kelar di Prambanan, kita nungguin mobil jemputan ke Ratu Boko. Jalanan dari Prambanan ke Ratu Boko menanjak dan lumayanlah jaraknya. Ternyata di sekitar daerah situ emang banyak candi kecilnya dan dari pusat informasi Ratu Boko viewnya keren banget.

View dari atas

Nah di kompleks Ratu Boko itu mirip dengan Prambanan, ada candi-candi lain. Tapi kalo di sini kebanyakan yang tersisa cuma gerbang dan tumpukan batu yang mirip dengan panggung dan tempat sesembahan.

Welcome to Ratu Boko ^^

Yang tengah itu turis, maklum kalo dia girang banget >.<

Kenapa lakinya yang bawa payung? ^^

Perjalanan kita tour de candi diakhiri dengan acara makan di Boko Resto.

Have a nice and happy new year all. Moga-moga udah pada punya resolusi yang ingin diwujudkan di taun depan. Cant wait to see the plans and dreams come true, yours and mine ^^. Amen.

2 thoughts on “Tour De Jogja (Part 4)

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s