Menghafal Dengan Mudah

Aku bukanlah orang yang berbakat untuk menghafal. Yap, aku selalu mendapatkan kesulitan untuk itu *jedotin pala ke tembok*. Ya namanya orang, ada kekurangan dan kelebihannya lah ya :p *ngeles*.

Tanggal 20 Januari mendatang akan ada tes 6C, tata nilai Pertamina, dan semua harus hafal(!) Konsekuensi bagi yang tidak hafal adalah kartu kuning alias SP1 *geleng-geleng*.

Menyadari kedudulanku dalam soal rapel mantra aka ngapalin, aku berusaha untuk menerapkan pelajaran yang aku terima dari materi Mind Mapping, yakni membuat alur cerita yang isinya menggambarkan apa yang tertulis di buku 6C.

Tata nilai 6C:

  • Clean : dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menolerir suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.
  • Competitive: mampu berkompetisi dalam skala regional dan internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.
  • Confident: berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN, dan membangun kebanggaan bangsa.
  • Customer Focused: berorientasi pada kepentingan pelanggan, dan beromitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  • Commercial: menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.
  • Capable: dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.

Walau cuma 6, karena kalimatnya tidak berima, aku merasa kesulitan untuk menghafalkannya *alesan :p*. Jadinya aku membuat alur cerita dan beberapa gerakan untuk memudahkanku dalam mengingat ^^.

Contoh untuk Clean,

  1. Aku membayangkan dua orang pria berdasi bertemu dan berjabat tangan yang mewakili ilustrasi dikelola secara profesional.

    Dikelola secara profesional

  2. Selanjutnya aku membayangkan dua orang ini memasang kuda-kuda yang siap bertarung satu sama lain. Karena setelah mereka bersalaman dan ngobrol, ternyata ada konflik yang muncul. Ilustrasi ini mewakili kalimat menghindari benturan kepentingan

    Menghindari benturan kepentingan

  3. Untuk meredam konflik, salah satu pihak mengulurkan tangannya seolah-olah menawarkan uang, yang mewakili ilistrasi untuk tidak menolerir suap.

    Tidak menolerir suap

     

  4. Setelah itu, karena keduanya menyadari ketidakbenaran yang dilakukan pada nomer 3 (menawarkan suap), maka kedua pihak mengangkat kedua tangannya seolah-olah menjunjung sesuatu, yang merupakan ilustrasi untuk menunjung tinggi kepercayaan dan intergritas.
  5. Yang terakhir adalah mereka melakukan sikap hormat, bayangkan saja hormat pada bendera, yang artinya mereka berpedoman pada sesuatu. Ilustrasi ini mewakili kalimat berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.

    Berpedoman pada asas tata kelola korporasi yang baik

Terkadang tidak semua orang bisa memahami maksud atau ide cerita dari orang lain. Jadi, mending buat ide sendiri biar mudah untuk diingat ^^.

Selamat mencoba *lhe, nyoba apaan si?*😆.

One thought on “Menghafal Dengan Mudah

  1. nyumnyun berkata:

    Cara lain, tulis *tulis tangan ya, wajib* dan gambarkan mind mapping itu sendiri, atau ga perlu gambar, bikin bagan-baganan gitu. Nulis sendiri itu sambil membantu menghafal juga lho. Aku juga dulu nyontek cara ini dari temen..hehehehe.

    Selamat mencoba, n semoga lulus. Hohoho.

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s