Alternatif Mengisi Weekend di Jakarta

Menjalani kodrat sebagai mbak-mbak kantoran, weekend adalah hal yang paling saya tunggu apalagi kalau udah minggu malam. Padahal baru aja kelar weekend-nya, eeeh udah pengen weekend lagi. Kalian gini juga ga sih?

Sebenernya selain mengunjungi mall, masih ada banyak hal yang bisa dikerjakan untuk mengisi weekend di Jakarta. Kadang ketika weekdays belum punya acara untuk mengisi weekend, jadi ga semangat nyelesein kerjaan kecuali diingatkan lagi dengan cicilan yang belum lunas. Nah, saya mau berbagi tentang hal-hal yang bisa dilakukan sebagai alternatif untuk mengisi weekend di Jakarta.

Cooking Class

Pada tanggal 3 Oktober 2015 saya bersama food and travel blogger kondang sekecamatan, Dito, mengikuti acara Cooking Class with Detikfood.com di Hotel Pullman.  Saya excited ketika diajak Dito mengikuti acara ini. Saya sedang senang mengeksplor hal baru biar ga cepet bosen terlebih sejak saya lulus kuliah karena gada kegiatan lagi after office hours dan tidak ada paper yang harus dikerjakan berhari-hari.

Pastry cooking class

Biar dikira niat belajar masak gitu deh :p

Tema cooking class kali ini adalah Rustic French Pastries, masak kue-kue tradisionalnya Prancis gitulah kurang lebihnya. Peserta kegiatan ini terbatas untuk 50 orang saja sehingga bisa intens tanya jawab dengan chef yang asli Prancis.

Cooking class with chef

Merhatiin Chef-nya biar pinter

Apakah kami mencoba memasak juga? Tidak, kami hanya ngeliat chef-nya mempraktekkan resep yang sudah ditulis di buku yang dibagikan kepada kami. Walaupun demikian, seru aja gitu mencoba hal baru dan juga mencicipi hasil masakan chef-nya yang ternyata kurang cocok dengan lidah “ndeso” kami karena terlalu manis. Tapi beneran deh, kue-kuenya unyu banget dan menggugah selera! *lap iler*

French Chouquette

Chouquette aka sus isi

Mengikuti Workshop

Sebagai blogger yang tersesat karena lebih sering males daripada rajin nulisnya, ketika tau bakal ada acara #TravelNBlog 4 saya langsung daftar. Selain pastinya berharap mendapatkan info mengenai blog yang bermanfaat, tentu aja mendapatkan kenalan para blogger baru juga.

TravelNBlog 4 ini baru pertama kali saya ikuti, diadakan tanggal 26 & 27 September 2015 di Kemang. Karena ada acara kantor pada tanggal 26 nya, alhasil saya baru bisa gabung di tanggal 27 September. Tetep seru, dapet goodie bag, dan ada Trinity!

Travel N Blog 4

Travel N Blog 4

Gambar diambil dari sini.

Kalau pengen tau acaranya ngapain aja, bisa baca timeline @TravelNBlogID. Semoga next time bisa ikutan lagi, dengan bayar hanya 100 ribu rupiah saja bisa dapet macem-macem deh🙂.

Untuk acara sejenis, musti rajin-rajin cari info atau follow akun yang nginfoin acara workshop di Jakarta dan sekitarnya.

Jakarta City Tour dan Wisata BalaiKota Jakarta

Alternatif lain untuk mengisi weekend dan gratis adalah wisata keliling Jakarta dengan menggunakan city tour bus, itu loh bus tingkat yang bewarna hijau-kuning ungu. Saya mengawali perjalanan dengan Mpok Siti ini dari depan Plaza Indonesia.

Jakarta City Tour Bus

Ini dia si Mpok Siti, Jakarta City Tour Bus

Di dalam bus ini memang tidak ada pemandu yang bakal menceritakan sejarah Jakarta selama kita berkeliling kota. Namun tetap layak dicoba, lagian busnya juga bersih dan petugasnya ramah.

Jakarta City Tour Bus

Warga yang antusias mau naik City Tour Bus

Kali ini saya tidak hanya sekedar naik bus gratis saja, tapi juga mau ikutan Wisata Balai Kota yang juga gratis. Siapa sih yang ga suka sama gratisan? :p Hari Sabtu dan Minggu, Balaikota dibuka untuk umum dan ada tour guide yang menceritakan sejarah dan ruangan-ruangan yang ada di sana.

Wisata Balaikota Jakarta

Ngrasain kantornya Ahok yang fenomenal

Sejak di bawah pemerintahan Ahok, Balaikota dibuka untuk umum. Selain bisa ngeliat kantornya Pak Gubernur Jakarta, bisa juga loh nonton film gratis di sini. Jadwal pemutaran filmnya jam 13.00. Ihhh serukaaaaan?

Meet Ahok The Governor

Muka girang salaman sama Pak Gubernur :p

Ketika melakukan tur ini, saya melihat banyak rombongan dedek-dedek unyu bersama gurunya. Sepertinya Wisata Balaikota memang jadi alternatif wisata pendidikan juga. Good job, Mr Governor!

Wisata Rohani

*Benerin jilbab dulu*. Udah pada taukan Jakarta punya masjid Istiqlal yang tersohor itu? Kalau hati sedang merasa kering dan butuh asupan gizi berupa pencerahan iman, bisa loh hari minggu mengunjungi Istiqlal.

Pada minggu ke-2 dan ke-4 biasanya di masjid ini diadakan pengajian dengan Aa Gym dan Ustadz Yusuf Mansur. Kalau mau tau jadwal kapan mereka akan hadir di Istiqlal, bisa follow twitternya masing-masing.

Istiqlal Mosque Jakarta

Masjid Istiqlal diambil dari Wikipedia

Jakarta Walking Tour

Dari acara TravelNBlog 4 saya baru tau tentang adanya keberadaan Jakarta Walking Tour walaupun saat itu saya tidak bisa ikut walking tournya. Sejak merasakan nikmatnya tour keliling Paris dengan bersepeda, saya jadi pengen banget ikutan tour keliling Jakarta dengan jalan kaki karena kalau pakai sepeda sepertinya belum memungkinkan.

Jakarta Good Guide menawarkan tour dengan pay-as-you-wish aka bayar seikhlasnya. Udah bayar suka-suka, diberikan info tentang sejarah kawasan dan bangunan tertentu di Jakarta pula. Saya mau nyobain segera!

Jakarta Walking Tour

Jadwal Jakarta Walking Tour selanjutnya

Ngobrol di Coffee Shop

Sebagai coffee lover, saya paling seneng diajak kongkow-kongkow di coffee shop sama baca buku atau ngeblog. Bagi mereka yang kerja dan tinggal di Jakarta pasti tau banget gimana hecticnya hidup di sini ketika weekdays. Boro-boro mau ngobrol macem-macem yang bermutu, mau makan bareng dengan temen sekantor yang maha sibuk aja susah banget atur waktunya.

Weekend adalah hari yang bisa menyeimbangkan dan melunasi kerinduan kita berhahahihi sama temen-temen. Jadi sempetin deh buat menikmati sore di Jakarta dengan secangkir kopi dan lagu-lagu dari coffee shop.

Anomali Coffee Shop

Coffee makes my day better

Kalau kamu biasanya weekend ngapain?

13 thoughts on “Alternatif Mengisi Weekend di Jakarta

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s