Taman Ilmu Setiabudi

Mulai dari bulan Desember 2010 kemarin, aku meminta ijin kepada temenku, yang merupakan salah satu founder Taman Ilmu Setiabudi, untuk mengisi waktu luangku di hari Minggu pagi dengan menemani adik-adik Taman Ilmu.

Taman Ilmu Setiabudi

Taman Ilmu Setiabudi adalah sebuah taman bermain bagi adik-adik (TK s.d SMP) sekitaran wilayah Setiabudi dan Karet, Jakarta semenjak 5 Desember 2009. Adik-adik disini merupakan generasi-genarsi bangsa yang berasal dari keluarga sederhana (banyak yang kurang mampu) sekitaran setiabudi dan karet yang mempunyai semangat untuk belajar yang sangat tinggi walaupun dihari saat mereka seharusnya istirahat setelah seminggu full bersekolah. Tapi miris rasanya terkadang mendengar ada adik-adik yang tidak bisa ikut bermain (belajar) di Taman Ilmu karena harus membantu orang tuanya di pasar ataupun mencuci baju para penghuni kosan yang banyak tinggal diarea tersebut.

Di tempat inilah kami bermain sembari belajar.

Class                         :  Setiap Minggu, 10.00 – 11.30
Materi                     :  English (Menu Utama)
Materi Tambahan :
(1). Pengembangan Diri (Sikap-sikap Juara : Leadership, Teamwork, Creative, dll)
(2). Pembembangan Bakat (Painting Class, Singing Class, dll)
(3). Games-Games (Leadership, dll)
(4). Pengetahuan lain yang positif (Kesehatan, Teknologi, dll)

Tak lupa pula, disinilah kami bersama-sama mengukir Mimpi-mimpi kami dan mulai mengejarnya…

Taman Ilmu Setia Budi

Alamat :
TAMAN ILMU SETIABUDI
PAUD Melati, Samping Polsek Setiabudi
Setiabudi, Jakarta

Aku salut pada temenku ini, Johan, dan salah satu founder lainnya yakni Mbak Dwi. Mereka terus maju untuk mewujudkan keinginan mereka untuk mendirikan Taman Ilmu meski terbentur dengan banyak keterbatasan. Segala pembiayaan operasional dikeluarkan dari kantong pribadi para founder dan volunteernya. Beberapa sumbangan juga pernah diterima, misalnya berupa kamus dan meja lipat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sampai sekarang Taman Ilmu belum memiliki bangunan sendiri, masih menumpang di PAUD Melati milik warga setempat. Ruangannya sangat sederhana, ada dua ruangan: untuk TK dan SD. Jika PAUD dipakai untuk acara warga, maka Johan akan memutar otaknya untuk menemukan tempat lain. Intinya: agar kelas tidak libur dan adik-adik tidak kecewa. Kali kedua aku ke Taman Ilmu, kami belajar di taman bermain sempit di dekat PAUD. Sampai saat ini Taman Ilmu berusia 1 taun 1 bulan.

Kadang ketika aku cape’ dan enggan berangkat, membayangkan semangat adik-adik di sana bisa membuat rasa malasku hilang seketika. Ketika kami datang, maka mereka akan berebutan menyambut dan manciumi tangan kami. Hal ini menghangatkan hatiku🙂.

Jo selalu membawa permen, biasanya banyak permen sisa dari kegiatan classroom kami di PLC, untuk dibagikan ke adik-adik jika mereka bisa menjawab pertanyaan yang kami berikan. Kadang setelah sampai di Blok M, kami mampir dulu beli snack seadanya di Ramayana, untuk dijadikan oleh-oleh. Melihat wajah mereka yang gembira, terbayar lunas semua lelah kami🙂.

Minggu besok akan diadakan tes untuk memetakan kemampuan adik-adik, yang selama ini untuk yang SD masih dijadikan satu. Kami juga sedang memikirkan cara untuk mendapatkan papan tulis yang konon kata Jo harganya berkisar 600ribu rupiah-an. Semoga berhasil ^^.

Di sini aku juga belajar banyak hal, ya setidaknya latihan sabar kalo nanti aku sudah punya anak sendiri😀. Aku dulu berfikir mungkin aku tidak akan cukup sabar dalam menghadapi anak-anak, ternyata aku salah *sumringah*. Yap pada akhirnya semoga aku, teman-teman, adik-adik, dan Taman Ilmu akan selalu bergerak maju dan menjadi lebih baik.

Jika ada yang ingin bergabung, kami menyambut dengan tangan terbuka🙂.

12 thoughts on “Taman Ilmu Setiabudi

  1. iko berkata:

    tersentuh sekaligus antusias sekali untuk bisa bermanfaat untuk adik-adik yg hebat2 ini.. ada cp yang bisa dihubungi mbak,? insyaAllah saya berminat untuk bergabung🙂

    • fitri berkata:

      aku terharu dan malu membaca komenmu An😆, pujiannya terlalu besar.. Aku cuma menemani mreka belajar kok ^^.
      Anyway, thanks for the compliment😉

  2. elly berkata:

    i think i can help for some kind of documenting thing😉 at least my neal means something to the small world😉

    lek jadwal kosong ely lek mo ikutan piye nih mpit? dateng aja gituh ujug2?

    keep updating anyway….😉

    thank ye for sharing this…. this kind of something😉

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s