Taman Ilmu Setiabudi

Mulai dari bulan Desember 2010 kemarin, aku meminta ijin kepada temenku, yang merupakan salah satu founder Taman Ilmu Setiabudi, untuk mengisi waktu luangku di hari Minggu pagi dengan menemani adik-adik Taman Ilmu.

Taman Ilmu Setiabudi

Taman Ilmu Setiabudi adalah sebuah taman bermain bagi adik-adik (TK s.d SMP) sekitaran wilayah Setiabudi dan Karet, Jakarta semenjak 5 Desember 2009. Adik-adik disini merupakan generasi-genarsi bangsa yang berasal dari keluarga sederhana (banyak yang kurang mampu) sekitaran setiabudi dan karet yang mempunyai semangat untuk belajar yang sangat tinggi walaupun dihari saat mereka seharusnya istirahat setelah seminggu full bersekolah. Tapi miris rasanya terkadang mendengar ada adik-adik yang tidak bisa ikut bermain (belajar) di Taman Ilmu karena harus membantu orang tuanya di pasar ataupun mencuci baju para penghuni kosan yang banyak tinggal diarea tersebut.

Di tempat inilah kami bermain sembari belajar.

Class                         :  Setiap Minggu, 10.00 – 11.30
Materi                     :  English (Menu Utama)
Materi Tambahan :
(1). Pengembangan Diri (Sikap-sikap Juara : Leadership, Teamwork, Creative, dll)
(2). Pembembangan Bakat (Painting Class, Singing Class, dll)
(3). Games-Games (Leadership, dll)
(4). Pengetahuan lain yang positif (Kesehatan, Teknologi, dll)

Tak lupa pula, disinilah kami bersama-sama mengukir Mimpi-mimpi kami dan mulai mengejarnya…

Taman Ilmu Setia Budi

Alamat :
TAMAN ILMU SETIABUDI
PAUD Melati, Samping Polsek Setiabudi
Setiabudi, Jakarta

Aku salut pada temenku ini, Johan, dan salah satu founder lainnya yakni Mbak Dwi. Mereka terus maju untuk mewujudkan keinginan mereka untuk mendirikan Taman Ilmu meski terbentur dengan banyak keterbatasan. Segala pembiayaan operasional dikeluarkan dari kantong pribadi para founder dan volunteernya. Beberapa sumbangan juga pernah diterima, misalnya berupa kamus dan meja lipat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sampai sekarang Taman Ilmu belum memiliki bangunan sendiri, masih menumpang di PAUD Melati milik warga setempat. Ruangannya sangat sederhana, ada dua ruangan: untuk TK dan SD. Jika PAUD dipakai untuk acara warga, maka Johan akan memutar otaknya untuk menemukan tempat lain. Intinya: agar kelas tidak libur dan adik-adik tidak kecewa. Kali kedua aku ke Taman Ilmu, kami belajar di taman bermain sempit di dekat PAUD. Sampai saat ini Taman Ilmu berusia 1 taun 1 bulan.

Kadang ketika aku cape’ dan enggan berangkat, membayangkan semangat adik-adik di sana bisa membuat rasa malasku hilang seketika. Ketika kami datang, maka mereka akan berebutan menyambut dan manciumi tangan kami. Hal ini menghangatkan hatiku :).

Jo selalu membawa permen, biasanya banyak permen sisa dari kegiatan classroom kami di PLC, untuk dibagikan ke adik-adik jika mereka bisa menjawab pertanyaan yang kami berikan. Kadang setelah sampai di Blok M, kami mampir dulu beli snack seadanya di Ramayana, untuk dijadikan oleh-oleh. Melihat wajah mereka yang gembira, terbayar lunas semua lelah kami :).

Minggu besok akan diadakan tes untuk memetakan kemampuan adik-adik, yang selama ini untuk yang SD masih dijadikan satu. Kami juga sedang memikirkan cara untuk mendapatkan papan tulis yang konon kata Jo harganya berkisar 600ribu rupiah-an. Semoga berhasil ^^.

Di sini aku juga belajar banyak hal, ya setidaknya latihan sabar kalo nanti aku sudah punya anak sendiri :D. Aku dulu berfikir mungkin aku tidak akan cukup sabar dalam menghadapi anak-anak, ternyata aku salah *sumringah*. Yap pada akhirnya semoga aku, teman-teman, adik-adik, dan Taman Ilmu akan selalu bergerak maju dan menjadi lebih baik.

Jika ada yang ingin bergabung, kami menyambut dengan tangan terbuka :).

Baterai Modem Sierra Wireless AT&T 881

Pembaca yang budiman, beberapa hari yang lalu pas aku lagi ngenet sampai malam (ngerjain tugas kalo ga salah), tiba-tiba terdengar suara seperti ada sesuatu yang meletek (seperti telur pecah) di dekatku. Aku celingukan, nyari sumber bunyi misterius itu.

Tolah-toleh, nengok ke bawah kasur, kok nihil hasilnya. Trus aku pandang modemku, ternyata..oh ternyata..baterainya udah gembung sekali. Masuk angin sepertinya. Aku coba menekan tutup baterainya, tapi pas dicolokin tetep ga mau nyala si lampu indikatornya, yang artinya modemnya ga kedetek.

Tak kurang akal, aku mencari karet gelang beberapa buah, aku tekan dan aku karetin modemnya. Voila! Bisa nyala :D. Aku yang sempet panik, udah bisa sumringah. Oooh, apa jadinya aku tanpa internet *lebay* hihihi.

Aku putuskan untuk meminta bantuan google soal baterai ini. Dan aku menemukan itemnya di Jaknot dan yang paling membahagiakan adalah harganya yang sangat terjangkau, Rp 32.000,- ^_____^. Allah tau aja aku lagi bokek :D.

Pembayaran aku transfer via e-banking pada hari Minggu nyaris tengah malam. Sore ini barangnya sudah sampai. Makanya aku udah bisa posting-posting dengan gembira hihih.

Garis Tangan

Sebenarnya seberapa besar sih pengaruh garis tangan pada kehidupan seseorang? Sering banget aku dengar “itu udah bagian dari garis tangannya” dan sejenisnya, yang sepertinya mengindikasikan kalau segala macam nasib sudah di gariskan di telapak tangan.

Yang aku yakini hanyalah:

Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang merubahnya, QS. Ar-Ra’du (13):11

Jadi critanya siang tadi ketika aku dan seorang teman sekelompok yang sedang dilanda kebosanan, Platto namanya (jadi jangan heran kalo dia suka berfilsafat :p), mengobrol dan tiba-tiba dia memintaku untuk menunjukkan telapak tangan kananku padanya. Dengan gayanya yang sok serius dan meyakinkan, dia membenarkan posisi kacamatanya dan memandang garis yang terukir manis dan tegas di telapak tanganku.

aku: liat apaan si? kek bisa aja 😆

dia: ini safitri, garis yang atas ini menunjukkan garis percintaan.. *sambil tetep berusaha menafsirkan*

aku: trus-trus … *keliatan banget kalo bersemangat :lol:*

dia: kamu itu orangnya setia, pasanganmu juga *woh ya harus, awas aja kalo brani macem-macem*.

aku: *sumringah* jiakakakka, yaeyalah.. *mulai jumawa*

dia: tapi kalian agak ntar nikahnya *nahan mau nyiram aer*, yah umur 27 an lah..

aku: lagian masih ada kontrak sampe akhir taun ini :p. Trus apa lagi? *lumayan juga beginian buat ngilangin ngantuk*

dia: kamu itu banyak ya keinginannya yang tercapai?

aku: *senyum selebar sumur* he eh.. alhamdulillah.

dia: umurnya baik, jodoh baik, dari keluarga baik-baik. Kamu juga cerdas *ah, kapan-kapan aku traktir deh dia :lol:, yg masalah cerdas I’m clueless :lol:*

aku: amiiiiiiiiiinnnn…. trus nemuin masnya di mana?

dia: safitri, mana ada peramal yang ngasih tau hal detail begituan. Garis tangan kan cuma ngasih klu aja..

aku: iya deh gapapa 😀

Denger segitu aja aku udah seneng: keinginan tercapai, jodoh baik, umur baik, dibilang cerdas pula *ngakak aku*. Tanpa harus percaya, anggaplah temenku ini sedang mendoakanku, jadi dengan senang hati dan tanpa cela, aku mengamininya :D.

Let’s prove it ^^.

Pertamina Job Fair 2011

For all of you who have desire to join with PT Pertamina (PERSERO), the opportunity is coming. Good luck ;).

Pertamina Job Fair 2011 (BPS and BPA Program)

Kesempatan menjadi ENERGI baru PERTAMINA yang CLEAN, COMPETITIVE, CONFIDENT, CUSTOMER FOCUSED, CAPABLE dan COMMERCIAL melalui program BPS & BPA tahun 2011.

BIMBINGAN PROFESI SARJANA (BPS)

Individu berbakat dan potensial yang berusia maksimal 27 tahun, Berpendidikan S1, Diutamakan yang telah berpengalaman kerja, dari Perguruan Tinggi terakreditasi (min. B), IPK Min. 3,00 memiliki TOEFL/TOEFL Prediction Min. 450. Aktif Berorganisasi dan bersedia ditempatkan di seluruh Unit Usaha Pertamina.

BIMBINGAN PRAKTISI AHLI (BPA)

Individu berbakat dan potensial yang berusia maksimal 24 tahun, Berpendidikan Diploma 3, Diutamakan yang telah berpengalaman kerja, dari Perguruan Tinggi terakreditasi (min. B), IPK Min. 2,75 memiliki TOEFL/TOEFL Prediction Min. 400. Aktif Berorganisasi dan bersedia ditempatkan di seluruh Unit Usaha Pertamina.

Sertakan Surat Lamaran, CV, Photocopy KTP, Photocopy Ijazah/SKL, Photocopy Transkrip Nilai, Photocopy TOEFL/TOEFL Prediction Score, serta 1 lembar Foto (4×6) pada saat berkunjung ke Booth Pertamina Job Fair.

JobsDB.com Career Expo tahun 2011 (21-23 Januari 2011) – Sabuga ITB Bandung.

UI Career Expo & Scholarship tahun 2011 (10-12 Februari 2011) – UI Depok.

Career Days UGM VIII tahun 2011 (5-6 Februari 2011) – UGM Yogyakarta.

BKI ITS tahun 2011 (16-17 Maret 2011) – ITS Surabaya.

New Lovely Friends ^^

Konon kabarnya semakin jauh dari rumah, maka semakin banyak keluarga dan pengalaman baru yang kita dapatkan *bener ga sih?*.  Awalnya, untuk memutuskan masuk ke sini aja aku menimbang cukup lama, bahkan pada hari H ditelpon bahwa aku diterima aja aku tetep gamang *ketauan deh kalo lagi labil*. Itu karena aku khawatir kalo dunia yang baru ga bakal senyaman kehidupanku yang lama ^^.

Yeap, I worried too much because I hadn’t no idea about my new circumstance that I had to face. But in the contrary, I felt so curious and excited for having a new environment. Life couldn’t be more interesting than finding and get countless new things and experiences. So I convinced myself, maybe I couldn’t guarantee if it would be as nice as the old one, but every good thing (moreover if it’s a rare opportunity) is worth a try.

Sampai hari ini berarti aku sudah berada di sini selama 1 bulan 24 hari. Many new things keep coming and colouring my days. They absolutely be the best cure and distraction that I ever had ^^. So, if you’re in healing period, all you need is make sure that you have many useful things to do ;).

Kegiatanku untuk 3 bulan ini sangat teratur *apalagi soal makannya :p*.

  • Senin – Jumat: sekolah mulai jam 7.30 – 16.30. Ngantuk? Yah cukup sering lah :D. Ada waktu istirahat siang selama 1 jam (11.30-12.30) biasanya aku sempetin untuk tidur sebentar setelah makan siang *kebiasaan dari kantor lama*.
  • Senin, Rabu, Jumat: jam 4.30 berangkat untuk senam pagi bersama para kopasus. He? Kopasus? Iya, aku ga salah tulis kok. Jadi senamnya diawali dengan LBB, diwarnai push up, sit up dengan berbagai macam variasi, dan senam komando.
  • Sabtu: paginya ujian, yang berarti Jumat malam aku mengadakan ritual begadang sambil jaga lilin untuk persiapan ujian :D. Siangnya kalo masih ada waktu sisa *kegiatan Sabtu sering unpredicted* baru maen keluar melihat peradaban.
  • Minggu bangun bisa agak siang, trus jam 9 kurang berangkat untuk menemanin adek-adek bermain di Taman Ilmu Setia Budi ^^.

So much fun indeed ^^.

Hal lain yang bikin seneng:

  • ga perlu pusing mikirin makanan: mau makan apa, beli di mana, harganya berapa :D. Sarapan, makan siang dan malam udah disediakan prasmanan 4 sehat 5 sempurna. Ada coffee break juga jam 9.45 dan jam 15.00, mesti dikasih snack, buah dan susu *jangan salahkan aku kalo aku makin chubby dan semok*.
  • bisa nyuci dengan blind pig alias membabibuta :D.
  • disediakan kamar yang bagus dan fasilitas memuaskan ^^.
  • dapet banyak barang mulai dari seragam, sepatu olah raga, sepatu kerja, tas, alat tulis sampai flash disc.
  • dapet banyak kenalan baru pastinya.
  • ikutan ESQ, intensive english selama sebulan, tes TOEIC dan TOEFL gratisan *wide grin*.

Hal-hal itu yang mengobati ketika aku lagi sakit. Beberapa waktu lalu, di sini benar-benar seperti ada virus yang mewabah: radang, batuk, pilek bahkan ada yang kena tipes. Yang di rawat inap di RSPP juga ada sekitar 12 orang. Dan setelah kejadian itu, langsung disediakan susu kotak sehari 2x dan jumlah buah juga semakin banyak hihihi *girang*.

Sabtu kemarin anak CSS, yang jumlah totalnya 23 dan perempuannya hanya 7 orang, pertamakalinya maen bareng. Tujuannya adalah karokean di Semanggi, karena kami kemarin memang stres setelah mengerjakan 2 tes bahasa inggis selama 4 jam (atau lebih?). Setelah itu menyusuri Benhil untuk beli makanan. Woow, di sana banyak banget variasi makanannya ihiiiy ^^ *joget-joget puas ngeliat makanan dengan harga merakyat*.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Hold My Hand

I’d like to dedicate this song for everyone that I love, who already have known me since years ago or just for a while: my family, my dearest friends who spend their time to read this post, blog walker, and you.

Yes, you. I don’t want you feel lonely, without companion. I know that feeling wouldn’t make us feel comfortable at all.

“Be the change you want to see in the world.” Mahatma Gandhi

Because I hate for being lonely and I hope there’s always someone or several people that care whatever my condition is, so here I’m with my urge to make you feel warmer dedicate this song for all of you :).

This life don’t last forever (hold my hand)
So tell me what we’re waitin for (hold my hand)
Better off being together (hold my hand)
Than being miserable alone (hold my hand)

Cause I’ve been there before
And you’ve been there before
But together we can be alright.
Cause when it gets dark and when it gets cold
We can just hold each other till we see the sunlight

So if you just hold my hand
Baby I promise that I’ll do all I can
Things will get better if you just hold my hand
Nothing can come in between us if you just hold, hold my, hold my, hold my hand.

The nights are getting darker (hold my hand)
And there’s no peace inside (hold my hand)
So why make our lives harder (hold my hand)
By fighting love, tonight.

Celebrate Bday in CSS Batch II Way

Today is Dhanar’s birthday, one of my friend here from CSS. Related with limitation that we’ve had here, including money and access to go outside, so we only could sing “Happy Bday” song for him in the beginning of intensive english class this morning.

At nearly end of class, our class ended at 4.30 pm, we asked Mr B (our english lecturer) to bring us outside and learned in swimming pool area. As planned before, some friends of mine held the b’day boy and threw him to the pool ^^. Because we can’t get enough with one, so we found another victim to be thrown into pool too. Finally, we had 11 wet guys and gals ^^.

That was fun hihih.

And me? I held my phone and recorded the moment, so I could avoid myself from the water ;). Yeah, I think I feel blessed because I’ve found many lovely friends here. I really enjoy my quarantine time in PLC ^^.

Back To December

When I heard this song, I felt an agony that burnt the cold that came from heavy rain outside my room. I keep wondering, why some people make things complicated when it could be more easier? Why ignore and do slaughter to their own conscience?

Often, people like to put themselves in an empty cold chamber or infirmary to satisfy their pride, rather than to be honest and swallow little of their pride and make a confession about the things that they keep inside.

So, here is the “Back To December” by Taylor Swift. You can read here for the lyric.

Have a nice day all ^^.

Letter For John

Dear John,

I know you’ve been so busy lately. It doesn’t matter for me, because I have whole time to learn how to be patient.

I’ve wrote countless letters, and you replied them. Thank you, because of that I could learn to write down my feeling and make stories that I can tell to my future children.

How are you, John? Are you doing well?

I can’t erase even a glance your smile, at the last time we met. You’re perfect without your trying. You’re my morning coffee, always succeed make the sun shines over my window even though storm makes roots far from their land.

Did you know that you’re my GPS? You showed me the right path when I was lost. And these times, I hope I can be your guide as well, so you don’t get lost until you come home.

You’re my cooking recipe book, make ingredient that I put always feel right and delicious.  You’re a flawless photograph object, I don’t even need to make a minor editing on your pictures.

I hope the breadcrumbs can lead you home or if they are gone, at least there are always stars that can replace them.

With the all warmth that I have,

Your home.

Happiness is..

Happiness is when you’re tired and doing something, you will forget about your tiredness.

Happiness is when you have little, you still share it with other.

Happiness is when you have problems, you can smile and thankful with things that has given to you from God.

Happiness is when you’re angry, and you still can control yourself wisely, talk patiently, and nothing make you regret later.

Happiness is when you fall and feel hurt, you still can smile widely and say “thanks God, You try to make me stronger”.

You will never be happier than you expect. To change your happiness, change your expectation. Bette Davis

Finding happiness is like finding yourself. You don’t find happiness, you make happiness. You choose happiness. Self-actualization is a process of discovering who you are, who you want to be and paving the way to happiness by doing what brings YOU the most meaning and contentment to your life over the long run. David Leonhardt


Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony. Mahatma Gandhi

Happiness comes only from appreciating what you have right now. You can even be happy by appreciating your troubles because they are helping to build your character. Harriet Meyerson


Happiness is living in a state of freely choosing to create and exchange one’s rational values with others. John Roberts

Happiness… is not a destination: it is a manner of traveling. Happiness is not an end in itself. It is a by-product of working, playing, loving and living. Haim Ginnot

Happiness for me is to know that my life has meaning and purpose, and that every day my life touches others in a positive way–whether to make them laugh or learn or both at once! Deanna Mascle

So, there’s no reason we can’t be happy ^^.