Cara Mengurus Perubahan Data di NPWP

Setelah kehilangan dompet, aku jadi mahir soal urus-mengurus kartu-kartu yang ada di dompet. Sepertinya bisa jadi informasi yang berguna buat yang lain, yang mungkin aja mendapatkan masalah yang sama.

Jadi sebelum kartu NPWP ku hilang, emang ada kesalahan dalam menuliskan namaku. Dari pada nanti ribet untuk ngurus bebas fiskal, dan aku ga rela bayar fiskal segitu banyaknya mending buat belanja, makanya aku buruan ngurus untuk update data NPWP sebelum bereksperimen dengan banci Thai. Gampang kok ternyata, kurang lebihnya begini caranya:

  1. Cari kenalan yang bekerja di Depkeu, lebih bagus lagi kalo dia ditempatkan di DirJen Pajak, karna bisa mengakses data berskala nasional *ketawa setan*. Nah kalo uda menemukan korban tadi, minta carikan contact person orang yang bekerja di KPP Pratama di mana kamu terdaftar.
  2. Setelah mendapatkan CPnya, hubungin aja orangnya dan bilang aja apa masalahmu. Jika kamu sedang berurusan dengan PNS bertanggung jawab dan memiliki kesadaran untuk melayani masyarakat berdharma pramuka rajin menabung dan suka menolong, maka kamu akan dibantu. Thanks to mas Cahyo, karna aku kemaren cukup mengirimkan hasil scan KTP dan Kartu NPWP lewat email *wink*. Kalo dengan prosedur standar, kamu harusnya mendownload form perbaikan data yang ada di website pajak di www.pajak.go.id.
  3. Setelah data diupdate, hardcopy aka Kartu NPWP ku ga bisa dikirimkan dari KPP Pratama tempatku terdaftar. Hal ini berkaitan dengan kebijakan dari KPP Pratama-nya. Dan solusinya adalah aku dikirimi softcopy yang isinya dataku yang nantinya akan dicetak di atas Kartu NPWP.
  4. Setelah bertanya ke sana ke sini, kalo mau tanya sesuatu bisa nyari nomer telpon Kantor Pajak di situs tadi atau telpon aja 500200, aku mendapatkan info kalau Kartu NPWP bisa dicetak di KPP Pratama terdekat. Yaaaay! *girangbukankepalang*.
  5. Dengan membawa print out dataku, aku pergi ke KPP Pratama Cikarang Selatan. Karna di situs tadi disebutkan bahwa KPP Pratama di Cikarang ada 2 yakni Utara dan Selatan. Dan ternyata, kedua kantor tadi letaknya berhadap-hadapan >.<.
  6. Hal pertama yang harus dilakukan setibanya di sana adalah mengambil nomer antrian sesuai dengan bagian yang berkaitan dengan kepentinganmu, dalam hal ini aku antri di bagian NPWP.
  7. Setelah nunggu beberapa lama tergantung keberuntunganmu, nomer antrianmu bakal dipanggil. Nah di sana aku cukup mengutarakan masalahku sama bapak yang jaga, dan aku diminta untuk menunjukkan KTP. Karna saat itu KTP ku masih belum jadi, aku memberikan fotokopiannya aja.
  8. Tunggu aja beberapa saat, ga lama kok, dan tadaaaa jadilah Kartu NPWP mu yang baru for free. Iyah, gratis ^^.

Segitu aja, karna aku harus mandi dan bekerja. Ciaaaow ^^.

PS: Thank you so much buat Renita *kissy-kissy*. Terus jadikan dirimu berguna buat warga S**N nek.

4 thoughts on “Cara Mengurus Perubahan Data di NPWP

Habis maen komen dong :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s